Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Sabtu, 13 Agustus 2016

Ikan unik ini memiliki kemampuan memanjat tebing air terjun

Unknown

Ikan ini Nopili Rock-Climbing Goby (Sicyopterus stimpsoni) namanya atau juga dikenal Hawaiian as o'opu nopili, ukurannya kurang lebih hanya satu inchi atau 2.5 centimeter, dan pemakan tumbuhan ikan ini memiliki kemampuan bisa memanjat tebing air terjun dengan menggunakan alat penghisap yang ada di mulut dan perutnya untuk memanjat tebing kasar yang berada di habitat Hawai.

Daerah habitat di dataran hawai ini memang perairan yang begitu jernih yang sering kali mengalami gangguan berupa badai besar, ikan ini sering merangkak naik untuk kembali kehulu.

Bagaimana mungkin ya ikan aneh ini bisa memanjat sebuah tebing vertikal dengan jarak hingga 100 meter, mungkin tenaga yang dikeluarkan oleh ikan ini sama dengan manusia yang melakukan lari marathon sepanjang 26 mil atau 42 kilometer kecuali dengan kondisi memanjat vertikal melawan deras nya air terjun , ujar Richard Blob, seorang ahli biologi evolusi dari universitas Clemson yang dikutip di National Geograpic dan livescience.com

The Nopoli rock-climbing goby (Sicyopterus stimpsoni) menggunakan otot yang sama untuk makan dan memanjat,
Ikan ini bisa tumbuh hingga panjang 7 inchi atau 18 centimeter ketika dewasa, makanannya berupa tumbuhan yang menempel di bebatuan. Perilaku ini cukup berbeda dari ikan gobi Hawaiian lainnya , yang mencari makan dengan menghisap makanan dari air .

"Ikan ini memberikan kita sebuah kesempatan untuk melihat perilaku evolusi yang tida biasa"ujar Blob, untuk memastikan apakah perilaku perilaku ini memiliki kemiripan sebagaimana yang mereka cari, Richard Blob dan Scientist lainnya memutuskan untuk menangkap ikan ini di perairan hawai pada saat snorkeling dan di simpan dalam sebuah akuarium.

setelah itu, ikan ini di film kan atau di dokumentasikan untuk mempelajari gerakan otot rahang ikan gobi ini, seperti pada saat memanjat dan makan, baik menggores makanan dari slide mikroskop kaca atau memanjat papan plastik siku. Mereka menemukan bahwa gerakan keseluruhan pada saat makan dan memanjat memang serupa .

Tetapi masih belum jelas apakah gerakan memakan diadaptasi dengan gerakan memanjat atau sebaliknya,

" Untuk memahami urutan langkah-langkah dalam evolusi perilaku ekstrim ini , kami ingin melihat spesies di terkait erat yang melakukan salah satu perilaku , tetapi tidak yang lain , " kata Blob . " Ikan ini memiliki kerabat di banyak pulau-pulau samudra , seperti Karibia . "

Para ilmuwan rinci temuan mereka online 4 Januari dalam jurnal PLoS ONE . Mereka juga akan menyajikan temuan mereka 6 Januari di Masyarakat Integratif dan Biologi Perbandingan pertemuan tahunan di San Francisco .

Unknown / Author & Editor

Thank you for coming to my blog, hopefully this article can be useful for you, please give some advise to us for better in the future on comment box, thank you very much

0 comments:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Designed By Templateism | Distributed By Gooyaabi Templates